BNI Siapkan CSRnya Untuk Bangun Rumah Kreatif di Banyuwangi

kecamatancluring
By -
07-01-2016 BNI Siapkan CSRnya Untuk Bangun Rumah Kreatif di Banyuwangi
BANYUWANGI – Banyaknya potensi yang dimiliki Banyuwangi, membuat Bank BNI Pusat tertarik untuk memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) –nya untuk Kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa ini. Bahkan secara khusus Pemimpin Divisi Solusi dan Keamanan Teknologinya, Anang Fauzi beserta Project Manager Branchless Banking BNI Jakarta, Amirul Wicaksono, hadir ke Banyuwangi, Rabu kemarin (6/1),  dalam rangka memaparkan programnya untuk Banyuwangi.
Di depan sejumlah pejabat Pemkab Banyuwangi , Anang Fauzi  menyampaikan bentuk CRS-nya untuk Banyuwangi. Ada tiga CSR  yang  kesemuanya pemberdayaan masyarakat/ Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pemasaran secara online, yakni  UMKM Market Place,Kampoeng BNI dan Rumah Kreatif.
UMKM Market Place, sebuah program dari BNI yang siap melatih wirausahawan agar bisa memasarkan produknya secara online. “Kami nanti akan beri pelatihan kepada para pelaku UMKM hingga mereka bisa memasarkan produknya melalui IT,” ujar Anang.
Sekedar diketahui jumlah UMKM di Banyuwangi ada sekitar 296 ribu.
Sementara Kampoeng BNI, wilayah yang memiliki potensi tertentu akan mendapatkan perhatian dari BNI. Misalnya, daerah perikanan akan difasilitasi dengan pengembangan budi daya perikanan, ataujika  membutuhkan infrastruktur, BNI akan membantu. “Setelah melakukan itu, kami membranding daerah itu dengan nama Kampoeng BNI. Di Banyuwangi sendiri sangat banyak tempat yang bisa di-branding menjadi Kampoeng BNI. Syaratnya, tentu saja ada potensi di tempat tersebut yang bisa dikembangkan,” ujarnya.
Untuk Kampoeng BNI ini, imbuh Anang, BNI akan mengajak sejumlah SKPD untuk menunjukkan wilayah mana yang punya potensi. “Besok kami akan survei daerah-daerah yang diajukan dinas-dinas tersebut sebagai Kampoeng BNI,” kata Anang.
Sedangkan CSR- Rumah Kreatif adalah rumah tempat melatih anak-anak muda agar kreatif. Rumah kreatif ini akan menjadi inisiator bagi yang lain, termasuk UMKM. “Kami akan bangun banyak Rumah Kreatif ini lengkap dengan infrastruktur dan instrukturnya. Dengan adanya rumah kreatif ini harapan kami, tidak hanya barang yang dijual, tapi jasa pun juga dijual. Kami akan beri berbagai inspirasi agar tak henti berinovasi,” ujarnya.
Mendengar paparan tersebut, Asisten Administrasi  Pembangunan dan Kesra, Wiyono, menyambut baik program BNI tersebut. “Kami akan mengawal program ini hingga berhasil terlaksana dengan baik. Karena semua sangat berguna bagi kesejahteraan masyarakat  Banyuwangi ke depan. Pemkab juga rajin mengajak BUMN yang lain untuk memberikan CSR nya sesuai dengan kebutuhan masyarakat Banyuwangi” pungkas Wiyono. (Humas & Protokol)