Melalui ESQ, Birokrat Diajak Bekerja Dari Hati

kecamatancluring
By -


Melalui ESQ, Birokrat Diajak Bekerja Dari Hati
BANYUWANGI - Birokrat harus bekerja dari hati dan tidak diskriminatif dalam melayani publik. Pernyataan ini disampaikan Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra, Wiyono, saat membuka ESQ Character Building Personal Transformation di Gedung Wanita Paramitha Kencana, Senin (22/2).ESQ ini digelar selama dua hari hingga Selasa (23/2) besok dan diikuti sedikitnya 200 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari formasi umum, K2, dan dokter.
Wiyono mengatakan tugas birokrat adalah melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Maka birokrat di lingkungan Pemkab Banyuwangi harus bekerja dengan ikhlas dan dari hati. " Jika tugas sudah menjadi panggilan hati, maka pekerjaan akan terasa menyenangkan. Kalau sudah senang, kita akan ikhlas melayani masyarakat. Masyarakat senang, kita pun juga bahagia," kata Wiyono.
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Banyuwangi, Sih Wahyudi, menambahkan ESQ merupakan program Pemkab Banyuwangi yang telah dilaksanakan sejak lima tahun lalu. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas PNS sehingga tercipta pelayanan publik yang lebih baik dari waktu ke waktu. "Masyarakat sekarang sudah semakin cerdas. Mereka cenderung menuntut pelayanan yang prima dari kita sebagai abdi negara. Maka kualitas PNS harus ditingkatkan, tidak hanya melalui program untuk meningkatkan kemampuan intelektual, tapi juga kecerdasan emosional mereka," ujar Sih.
Kegiatan ESQ, lanjut Sih, juga selaras dengan nawacita presiden Joko Widodo yakni melakukan revolusi karakter bangsa. "Ini cara pemkab merevolusi mental aparatur sipil negaranya. Dimana tujuan akhirnya akan tercipta PNS yang handal dan memiliki kualitas mental yang baik. Karena inilah kunci suksesnya suatu daerah," cetus nya. 
ESQ ini digelar sekali dalam setahun oleh BKD Banyuwangi dan diperuntukkan bagi seluruh PNS di lingkungan Pemkab Banyuwangi. Mulai dari pejabat eselon II, III, IV dan staff. "Sedangkan bagi CPNS, ini adalah gelaran pertama. Rencananya akan kami lakukan hingga CPNS K2 rampung," pamungkas Sih. 
Secara bertahap, setiap PNS akan dijadwalkan mengikuti empat tingkatan ESQ. Yakni Personal Transformation Basic, Mission Statement and Character Building, Self Controlling Strategic Collaboration dan Total Action. (Humas Protokol).