Waspadai Tikungan Patung Gandrung Gunung Kumitir

kecamatancluring
By -
KALIBARU – Jalan berkelok di Gunung Kumitir sempat terganggu kemarin (9/2). Meski tidak berlangsung lama, tapi di jalur utama jurusan  Banyuwangi-Jember itu sempat terjadi antrean  panjang kendaraan. Antrean kendaraan itu terjadi karena ada kegiatan  pembersihan batang pohon yang ambruk di sekitar Km 45. Lokasi itu masuk wilayah Kabupaten Jember.  

Waspadai-Tikungan-Patung-Gandrung-Gunung-Kumitir

 “Sempat ada antrean, tapi lokasinya berada di wilayah Jember,” cetus Kapolsek Kalibaru, AKP Bambang Suprapto, melalui Kanitlantas Iptu Yonny Kadarisman.  Antrean panjang kendaraan itu, terang Iptu Yonny, sebenarnya bukan kemacetan.
Itu akibat petugas di Jember sedang melakukan pembersihan pohon yang tumbang. “Ada pohon yang dipotong dan semua kendaraan  diminta berhenti dulu,” terangnya. Iptu Yonny menyampaikan jalur Gunung Kumitir yang berada di wilayah Banyuwangi juga rawan pohon tumbang. Sehingga, semua pengendara harus berhati-hati bila melintas di jalan raya yang berkelok  tersebut.
“Bisa jadi akan ada longsor  atau pohon tumbang, apalagi sekarang cuaca ekstrem,” cetusnya.  Meski cuaca cerah, jelas dia, pengendara motor dan mobil tetap harus hati-hati. Apalagi, para sopir sering beradu cepat dan tidak mau  mengalah.
“Baik itu sedang panas  atau hujan tetap harus hati-hati,  karena rawan longsor,” katanya. Salah satu lokasi yang dianggap paling rawan, terang dia, berada di  tikungan patung gandrung. Di lokasi itu, selain tikungannya cukup ekstrem,  kemiringan badan jalan juga  mengancam.
“Tikungan patung gandrung termasuk paling bahaya,” sebutnya. Selama ini, masih kata dia, banyak kendaraan mengalami kecelakaan di sekitar patung gandrung. Kecelakaan itu ada yang kategori ringan, sedang, dan berat. “Insiden kecil  sering terjadi di sekitar patung gandrung,” ucapnya. (radar)