Air terjun Telunjuk Raung Makin Ramai

kecamatancluring
By -
Telunjuk-Raung-Makin-Ramai 
SONGGON – Air terjun Telunjuk Raung semakin diminati warga. Air terjun itu berada di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon. Dengan berkembangnya air terjun baru itu, berarti di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon,  kini ada tiga air terjun.

Selain  air terjun Telunjuk Raung, dua air terjun lain adalah Air Terjun  Li der di Dusun Bejong, Desa Sumberarum, dan Air Terjun Selendang Arum, di Dusun Sempol, Desa Sumberarum. Lokasi air terjun Telunjuk Raung  berada di kaki Gunung Raung, tepatnya di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum. 

“Sebenarnya air terjun itu sudah lama ada, cuma aksesnya sangat sulit,” cetus  Mulyono, 37, pembina remaja Dusun Mangaran, Desa Sumberarum. Keinginan membuka akses menuju air terjun Telunjuk Raung, terang dia, itu setelah para remaja di kampungnya ingin membangun Masjid Al-Ikhlas.
“Kita ingin melestarikan  alam, sekaligus mengenalkan potensi wisata yang ada di Banyuwangi,” jelasnya. Menuju air terjun Telunjuk Raung sebetulnya cukup mudah. Dari Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, pengunjung silakan menuju Pos Pemantauan Gunung Api (PPGA) Raung.

Hanya saja, jalan tersebut hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. “Kalau turun hujan jalannya lumayan becek dan berlumpur,”  terang Dedi Kurniawan, 24, salah satu tokoh pemuda setempat. (radar)