Bupati Anas Dorong KNKT Juga Sosialisasikan Hasilnya di Banyuwangi

kecamatancluring
By -


Bupati Anas Dorong KNKT Juga Sosialisasikan Hasilnya di Banyuwangi
Banyuwangi- Proses penyelidikan tenggelamnya KMP Rafellia II pada Jumat kemarin (4/3), terus dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Setelah beberapa hari melakukan penyelidikan Tim KNKT yang dipimpin oleh Kapten Aldrian Dalimonte menyempatkan diri untuk menyampaikan perkembangan hasil penyelidikan ke Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Selasa (8/3).
Seusai pertemuan di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Aldrian mengungkapkan fokus penyelidikannya tidak semata pada materi kapal namun juga meliputi persoalan administratif. "Penyelidikannya tidak hanya pada lokasi kapal dan materinya, tapi pada administrasi dan pihak-pihak yang terkait juga diselidiki. Masih terus kami lakukan," ungkap Aldrian.
Sementara itu, Bupati Anas mendorong KNKT ke depannya untuk mensosialisasikan hasil penyelidikannya di Banyuwangi. "Biasanya KNKT cukup konferensi pers di Jakarta, sehingga hasilnya tidak tersosialisasi secara maksimal kepada para pelaku transportasi," paparnya.
Oleh karena itu pemerintah daerah Banyuwangi, nantinya, siap memfasilitasi pertemuan KNKT dengan semua pihak yang terlibat dalam proses transportasi laut di Banyuwangi yang menghubungkan dengan Pulau Bali tersebut. "Kalau hasilnya sudah ada, kita akan kumpulkan semua komponen yang terkait dengan kapal untuk mendapatkan sosialisasi dan rekomendasi dari KNKT. Sehingga bisa mereka kedepannya melaksanakan rekomendasi itu, untuk penengkitan keamanan transportasi," paparnya.
Selain itu, Anas juga mengharap untuk segera dilakukan pengangkatan terhadap bangkai kapal dan kendaraan dari dasar laut. "Kita mengharap kapal dan kendaraan yang tenggelam bisa segera diangkat agar tidak mencemari laut Banyuwangi," harapnya. (Humas)