Peringati Hari Kartini, DWP Kabupaten Banyuwangi Gelar Pelatihan Berkebun Out Door

kecamatancluring
By -

Banyuwangi – Banyak cara untuk memperingati Hari Kartini. Salah satunya seperti yang dilakukan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Banyuwangi. DPW memberikan pelatihan hydroponik dan vertical garden kepada para istri nelayan. Uniknya, pelatihan tersebut langsung digelar di pinggir Pantai Cemara Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi, Selasa (25/4).

Pagi itu, suasana di pinggir Pantai Cemara terlihat lebih riuh dari hari biasanya. Sedikitnya ada 75 warga yang yang merupakan ibu rumah tangga terlihat asyik dan antusias praktik berkebun dengan metode hydroponik. Menggunakan peralatan dan media tanam yang telah disiapkan, satu per satu warga diajak langsung menanam sayuran menggunakan polibag, seperti kangkung, bawang merah, dan sawi hijau. Yang melatih pun bukan orang sembarangan, mereka dipandu langsung oleh tim yang sudah ahli dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Banyuwangi.
Mereka terlihat menikmati dan saling bekerja sama, ada yang menyiapkan polibag, memasukkan media tanam, menanam sayur hingga menyiram tanaman mereka. Tak hanya hydroponik, mereka pun dilatih membuat kebun vertikal untuk memanfaatkan pekarangan rumah yang sempit agar tetap rindang dan sejuk.
“Pelatihan ini akan memberikan banyak manfaat bagi warga. Setelah dilatih, minimal mereka bisa menanam sayur untuk kebutuhan rumah tangga sendiri. Sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh pergi ke pasar untuk berbelanja sayuran, mengingat lokasi tempat ini jauh dari pasar. Ini kan sudah sangat membantu, selain bisa menghemat pengeluaran belanja, juga bisa menghemat waktu dan tenaga,” kata Ketua DWP Kabupaten Banyuwangi, Ny. Susy Slamet Kariyono saat menghadiri kegiatan tersebut.
Ny. Susy menambahkan Pantai Cemara sengaja dipilih sebagai tempat kegiatan karena saat ini pantai Cemara menjadi destinasi wisata baru yang mulai gencar di promosikan oleh Pemerintah Daerah. “DWP sangat mendukung program pemerintah, salah satunya mempromosikan pariwisata. Sengaja kami pilih tempat ini agar semakin banyak orang yang tahu,” imbuh Ny. Susy.
Selain pelatihan berkebun, DWP juga banyak melakukan pelatihan-pelatihan lain bagi anggotanya dan masyarakat, diantaranya pelatihan aplikasi bordir, pengolahan hasil produksi hortikultura dan pelatihan menjahit. “Kegiatan tersebut tak lain untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas perempuan Banyuwangi” pungkas Ny. Susy.